Subscribe or follow us on:

Usaha untuk tetap menjaga keanekaragaman hayati untuk kemanfaatan masyarakat sekitar memang selayaknya dipertahankan. Dua cagar biosfer Indonesia yakni Bromo-Tengger-Semeru-Arjuno

Sosialisasi pengembangan MDK Desa Cowek

Written by  Asep Hawim Friday, 15 November 2013 00:00
14 Nopember 2013 Balai Besar KSDA Jawa Timur mengadakan rapat Sosialisasi Pengembangan Model Desa Konservasi (MDK) di Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi bertempat di Balai Desa setempat. Adapun peserta terdiri dari masing-masing anggota kelompok konservasi sebanyak 10 perwakilan, serta aparatur Desa dan BPD sebagai pengawas.  
 
Kegiatan yang berupa diskusi umum yang dipandu oleh Resia selaku moderator, dan sebagai narasumber adalah Ir. Sunandar Trigunajasa N. (Kabid Wil KSDA III Jember), Pudjiadi S.Sos (Kepala SKW VI Probolinggo), dan Yani Turniati (KBTU BBKSDA JATIM).
 
Dari hasil diskusi dapat disimpulkan bahwa bentuk pemberdayaan masyaraskat di desa cowek ini masih dalam tahap pengembangan, ada kelompok yang mampu memanfaatkan bantuan dengan baik, namun ada juga yang kurang baik. Oleh karena itu diharapkan pada tahun-tahun berikutnya diperlukan format baku dalam memproses segala bentuk bantuan pemberdayaan masyarakat demi tercapainya optimalisasi pemanfaatan bantuan pemberdayaan masyarakat.
 
Menginjak tahun ke 3, masing-masing kelompok mengusulkan kegiatan yang berbeda-beda dalam memanfaatkan bantuan yang mereka terima. Untuk kelompok Wanabakti mengusulkan pemanfaatan Biogas dari kotoran sapi, Mekarsari I mengusulkan  Penggemukan Kambing Jantan, sedangkan Untuk Mekarsari II mengusulkan Untuk pembuatan Kandang Ternak untuk menampung perguliran pada tahun-tahun sebelumnya. Diharapkan dengan adanya peran serta masyarakat sekitar hutan dalam pengelolaan kawasan konservasi ini dapat memaksimalkan fungsi dari konservasi itu sendiri baik dari segi Perlindungan, Pengawetan, maupun Pemanfaatan. 
 
A. Hawim Sudrajat 
POLHUT RKW G. Baung
Read 625 times Last modified on Monday, 18 November 2013 13:54

Category Menu

Most popular

Identifikasi Kebutuhan Diklat

Senin, 27 Juli 2015 bertempat di aula kantor BBKSDA Jawa Timur, tim dari Pusdikl

Read more
BNPB Alokasikan 40 Milyar Untuk Hujan Buatan Atasi Karhutla

Ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun ini semakin meningkat, hal in

Read more
Penyelundupan Ratusan Trenggiling Melalui Bandara Juanda

Upaya penyelundupan 455 ekor trenggiling mati dengan berat 1.390 kilogram melalu

Read more
Akankah Perdagangan Burung Peliharaan Memicu Penyelundupan dan Mengancam Populasi Burung Liar?

Indonesia dikaruniai keragaman spesies burung melimpah yang di saat bersamaan, m

Read more
Menanam Pakan Badak, Agar Badak Sumatera Tetap Lestari

Badak sumatera adalah spesies mamalia besar yang paling terancam punah dan hanya

Read more