Subscribe or follow us on:

Buletin GECKO edisi XIV tahun V 2014 telah terbit. Buletin milik Balai Besar KSDA Jawa Timur ini terbit dua kali dalam setahun. Untuk semester pertama, buletin bersampul hijau ini

Ini Bukti Keberadaan Badak Sumatera di Kalimantan

Written by  admin Tuesday, 16 April 2013 10:01
JAKARTA, KOMPAS.com — Badak sumatera di Kalimantan diperkirakan telah punah sebelum tahun 1990. Namun, kini, bukti-bukti terbaru mengindikasikan masih adanya spesies tersebut di bumi Kalimantan.
Lewat survei terbaru, WWF Indonesia, Universitas Mulawarman, Dinas Kehutanan Kutai Barat, dan masyarakat berhasil menemukan jejak badak di Kutai Barat, Kalimantan Timur.
 
Bukan cuma jejak badak yang ditemukan. Sejumlah 30 spesies tumbuhan yang menjadi pakan badak pun ditemukan. Artinya, badak sumatera di Kalimantan masih memiliki opsi pakan.
 
Bukti lain yang ditemukan adalah bekas gesekan tubuh badak pada pohon, bekas gesekan cula pada dinding kubangan, serta bekas gigitan dan pelintiran pada pucuk tanaman.
 
"Penemuan ini sangat penting bagi dunia, khususnya bagi konservasi Indonesia sebab ini menjadi pencatatan baru keberadaan badak sumatera di Kalimantan Timur, khususnya di wilayah Kubar," kata Bambang Novianto, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH), Kementerian Kehutanan.
 
"Perlu segera disusun strategi bersama serta rencana aksi yang komprehensif dan partisipatif bersama para pihak terkait sehingga upaya konservasi badak sumatera di Kalimantan ini dapat berlangsung jangka panjang dan didukung pendanaan berkelanjutan," kata Nazir Foead, Direktur Konservasi WWF-Indonesia. 
 
Read 509 times Last modified on Wednesday, 29 May 2013 10:30

Category Menu

Most popular

Kebun Binatang Surabaya Resmi Miliki Ijin Lembaga Konservasi

  Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyerahkan ijin Lembaga Konservasi kep

Read more
Pameran Konservasi dalam Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri Tahun 2014

  Sebagai agenda rutin Pemerintah Kabupaten Kediri, Pekan Budaya dan Pariw

Read more
UGM Akan Teliliti Watangan Puger

  Adalah  Arum Rindarjati, mahasiswi Fakultas Kehutanan Universitas G

Read more
Studi Banding Taman Nasional Kutai

  Balai Taman Nasional Kutai melakukan studi banding pengembangan wisata k

Read more
Halal Bi Halal BBKSDA Jatim

  Bertempat diruang rapat kantor BBKSDA Jawa Timur, diadakan acara Halal b

Read more