Subscribe or follow us on:

  Malaysia merupakan pasar menggiurkan untuk penjualan telur penyu. Harga cukup tinggi per butir Rp3.000-5.000. Saat puncak peneluran, pengumpul telur bisa menghasilkan lebih

Ini Bukti Keberadaan Badak Sumatera di Kalimantan

Written by  admin Tuesday, 16 April 2013 10:01
JAKARTA, KOMPAS.com — Badak sumatera di Kalimantan diperkirakan telah punah sebelum tahun 1990. Namun, kini, bukti-bukti terbaru mengindikasikan masih adanya spesies tersebut di bumi Kalimantan.
Lewat survei terbaru, WWF Indonesia, Universitas Mulawarman, Dinas Kehutanan Kutai Barat, dan masyarakat berhasil menemukan jejak badak di Kutai Barat, Kalimantan Timur.
 
Bukan cuma jejak badak yang ditemukan. Sejumlah 30 spesies tumbuhan yang menjadi pakan badak pun ditemukan. Artinya, badak sumatera di Kalimantan masih memiliki opsi pakan.
 
Bukti lain yang ditemukan adalah bekas gesekan tubuh badak pada pohon, bekas gesekan cula pada dinding kubangan, serta bekas gigitan dan pelintiran pada pucuk tanaman.
 
"Penemuan ini sangat penting bagi dunia, khususnya bagi konservasi Indonesia sebab ini menjadi pencatatan baru keberadaan badak sumatera di Kalimantan Timur, khususnya di wilayah Kubar," kata Bambang Novianto, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH), Kementerian Kehutanan.
 
"Perlu segera disusun strategi bersama serta rencana aksi yang komprehensif dan partisipatif bersama para pihak terkait sehingga upaya konservasi badak sumatera di Kalimantan ini dapat berlangsung jangka panjang dan didukung pendanaan berkelanjutan," kata Nazir Foead, Direktur Konservasi WWF-Indonesia. 
 
Read 542 times Last modified on Wednesday, 29 May 2013 10:30

Category Menu

Most popular

BBKSDA Jatim Sita Puluhan Satwa Dilindungi

7 Ekor buaya di Desa Gumukmas, Jember, diamankan pihak BKSDA bersama kepolisia

Read more
Resort Bandara Juanda Amankan Buaya

Sebanyak 83 lembar kulit buaya diamankan pihak Resort Konservasi Wilayah (RKW)

Read more
435 Ha Hutan Tahura Ludes

Kebakaran hutan lindung dan hutan konservasi di kawasan Taman Hutan Raya (Tahu

Read more
Ucul-Ucul Tukik di Kili-Kili

Taman Kili-Kili yang biasanya sepi pengunjung, mendadak ramai oleh ratusan pel

Read more
Pameran Konservasi dalam Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri Tahun 2014

  Sebagai agenda rutin Pemerintah Kabupaten Kediri, Pekan Budaya dan Pariw

Read more