Subscribe or follow us on:

  Gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) telah punah dan sebagian berstatus kritis di lebih dari separuh habitatnya di Pulau Sumatera. Alih fungsi hutan dan tingginya ko

Ini Bukti Keberadaan Badak Sumatera di Kalimantan

Written by  admin Tuesday, 16 April 2013 10:01
JAKARTA, KOMPAS.com — Badak sumatera di Kalimantan diperkirakan telah punah sebelum tahun 1990. Namun, kini, bukti-bukti terbaru mengindikasikan masih adanya spesies tersebut di bumi Kalimantan.
Lewat survei terbaru, WWF Indonesia, Universitas Mulawarman, Dinas Kehutanan Kutai Barat, dan masyarakat berhasil menemukan jejak badak di Kutai Barat, Kalimantan Timur.
 
Bukan cuma jejak badak yang ditemukan. Sejumlah 30 spesies tumbuhan yang menjadi pakan badak pun ditemukan. Artinya, badak sumatera di Kalimantan masih memiliki opsi pakan.
 
Bukti lain yang ditemukan adalah bekas gesekan tubuh badak pada pohon, bekas gesekan cula pada dinding kubangan, serta bekas gigitan dan pelintiran pada pucuk tanaman.
 
"Penemuan ini sangat penting bagi dunia, khususnya bagi konservasi Indonesia sebab ini menjadi pencatatan baru keberadaan badak sumatera di Kalimantan Timur, khususnya di wilayah Kubar," kata Bambang Novianto, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH), Kementerian Kehutanan.
 
"Perlu segera disusun strategi bersama serta rencana aksi yang komprehensif dan partisipatif bersama para pihak terkait sehingga upaya konservasi badak sumatera di Kalimantan ini dapat berlangsung jangka panjang dan didukung pendanaan berkelanjutan," kata Nazir Foead, Direktur Konservasi WWF-Indonesia. 
 
Read 427 times Last modified on Wednesday, 29 May 2013 10:30

Category Menu

Most popular

Rakor Dokumen Lingkungan KBS

  Bertempat di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Rapat koordinasi pembahasan

Read more
Inventori Diversitas Flora di Pulau Bawean

  Hutan Pulau Bawean yang merupakan kawasan konservasi, nampaknya banyak m

Read more
Pengendalian Tanaman Invasif Masih Belum Tuntas

  Hutan-hutan konservasi di Indonesia masih terancam, bukan saja alih fung

Read more
SBY: Hukum Para Pembakar Hutan

  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta aparat hukum menangkap para pe

Read more
Perdagangan Satwa Dunia Maya Masih Marak

  Perdagangan satwa semakin beralih dari model konvensional atau jual beli

Read more