Subscribe or follow us on:

Loba (Symplocos sp) merupakan tanaman endemik di Nusa Tenggara Timur (NTT), yang banyak tumbuh di Flores dan Sumba. Loba  bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami yang mengha

Ini Bukti Keberadaan Badak Sumatera di Kalimantan

Written by  admin Tuesday, 16 April 2013 10:01
JAKARTA, KOMPAS.com — Badak sumatera di Kalimantan diperkirakan telah punah sebelum tahun 1990. Namun, kini, bukti-bukti terbaru mengindikasikan masih adanya spesies tersebut di bumi Kalimantan.
Lewat survei terbaru, WWF Indonesia, Universitas Mulawarman, Dinas Kehutanan Kutai Barat, dan masyarakat berhasil menemukan jejak badak di Kutai Barat, Kalimantan Timur.
 
Bukan cuma jejak badak yang ditemukan. Sejumlah 30 spesies tumbuhan yang menjadi pakan badak pun ditemukan. Artinya, badak sumatera di Kalimantan masih memiliki opsi pakan.
 
Bukti lain yang ditemukan adalah bekas gesekan tubuh badak pada pohon, bekas gesekan cula pada dinding kubangan, serta bekas gigitan dan pelintiran pada pucuk tanaman.
 
"Penemuan ini sangat penting bagi dunia, khususnya bagi konservasi Indonesia sebab ini menjadi pencatatan baru keberadaan badak sumatera di Kalimantan Timur, khususnya di wilayah Kubar," kata Bambang Novianto, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH), Kementerian Kehutanan.
 
"Perlu segera disusun strategi bersama serta rencana aksi yang komprehensif dan partisipatif bersama para pihak terkait sehingga upaya konservasi badak sumatera di Kalimantan ini dapat berlangsung jangka panjang dan didukung pendanaan berkelanjutan," kata Nazir Foead, Direktur Konservasi WWF-Indonesia. 
 
Read 559 times Last modified on Wednesday, 29 May 2013 10:30

Category Menu

Most popular

Ketegasan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Adalah sebuah Harapan Bersama

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan Konsolidasi Nasional Orga

Read more
Study Tour Mayapada

Dalam Study Tour Pra Diklat MAYAPADA PGRI Sumenep tahun 2014, Seksi Konservasi

Read more
Sita 51 Penyu Hijau, Kapolda: Bali Target Penyelundupan

Penyelundupan penyu marak di Bali. Pada Selasa (18/11/14), Polda Bali berhasil

Read more
Menyelamatkan Masa Depan Penyu di Pacitan

Sujarwo, seorang guru Geografi dan sekaligus ketua Kelompok Masyarakat Konserv

Read more
Urgensi Perlindungan Hutan Bakau

  Sejak 1980, Indonesia kehilangan lebih dari seperempat hutan bakaunya. S

Read more