Subscribe or follow us on:

Pulau Bawean yang memiliki luas sekitar 192 km2  diketahui memiliki jenis-jenis satwa endemik dengan tingkatan jenis dan sub jenis yang merupakan bagian dari kelas Mamalia,

Ini Bukti Keberadaan Badak Sumatera di Kalimantan

Written by  admin Tuesday, 16 April 2013 10:01
JAKARTA, KOMPAS.com — Badak sumatera di Kalimantan diperkirakan telah punah sebelum tahun 1990. Namun, kini, bukti-bukti terbaru mengindikasikan masih adanya spesies tersebut di bumi Kalimantan.
Lewat survei terbaru, WWF Indonesia, Universitas Mulawarman, Dinas Kehutanan Kutai Barat, dan masyarakat berhasil menemukan jejak badak di Kutai Barat, Kalimantan Timur.
 
Bukan cuma jejak badak yang ditemukan. Sejumlah 30 spesies tumbuhan yang menjadi pakan badak pun ditemukan. Artinya, badak sumatera di Kalimantan masih memiliki opsi pakan.
 
Bukti lain yang ditemukan adalah bekas gesekan tubuh badak pada pohon, bekas gesekan cula pada dinding kubangan, serta bekas gigitan dan pelintiran pada pucuk tanaman.
 
"Penemuan ini sangat penting bagi dunia, khususnya bagi konservasi Indonesia sebab ini menjadi pencatatan baru keberadaan badak sumatera di Kalimantan Timur, khususnya di wilayah Kubar," kata Bambang Novianto, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH), Kementerian Kehutanan.
 
"Perlu segera disusun strategi bersama serta rencana aksi yang komprehensif dan partisipatif bersama para pihak terkait sehingga upaya konservasi badak sumatera di Kalimantan ini dapat berlangsung jangka panjang dan didukung pendanaan berkelanjutan," kata Nazir Foead, Direktur Konservasi WWF-Indonesia. 
 
Read 595 times Last modified on Wednesday, 29 May 2013 10:30

Category Menu

Most popular

PEMBINAAN JABATAN FUNGSIONAL TERTENTU BIDWIL I MADIUN

Kegiatan yang berlangsung pada selasa, 20 Januari 2015 ini dipimpin langsung o

Read more
Dunia Usaha Harus Ikut Tanggung Jawab soal Kebakaran Hutan

  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengharapkan kebakar

Read more
Pembahasan Penyusunan Renstra 2015 – 2019

  Rapat yang dilaksanakan pada 13 Januari 2015 ini dihadiri oleh Kepala Ba

Read more
Sosialisasi Penilaian Angka Kredit PEH

Dari jumlah 24 orang Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) lingkup Balai Besar KSDA

Read more
Kementerian LHK Bentuk Tim Khusus Tangani Pengaduan Masyarakat

  Selama ini, banyak warga melapor berbagai kasus lingkungan dan kehutanan

Read more