Subscribe or follow us on:

Kakatua bukanlah nama burung yang asing di telinga kita. Selain memiliki penampilan fisik yang menarik, kakatua juga memiliki warna bulu dominan putih atau hitam yang dengan mudah

Ini Bukti Keberadaan Badak Sumatera di Kalimantan

Written by  admin Tuesday, 16 April 2013 10:01
JAKARTA, KOMPAS.com — Badak sumatera di Kalimantan diperkirakan telah punah sebelum tahun 1990. Namun, kini, bukti-bukti terbaru mengindikasikan masih adanya spesies tersebut di bumi Kalimantan.
Lewat survei terbaru, WWF Indonesia, Universitas Mulawarman, Dinas Kehutanan Kutai Barat, dan masyarakat berhasil menemukan jejak badak di Kutai Barat, Kalimantan Timur.
 
Bukan cuma jejak badak yang ditemukan. Sejumlah 30 spesies tumbuhan yang menjadi pakan badak pun ditemukan. Artinya, badak sumatera di Kalimantan masih memiliki opsi pakan.
 
Bukti lain yang ditemukan adalah bekas gesekan tubuh badak pada pohon, bekas gesekan cula pada dinding kubangan, serta bekas gigitan dan pelintiran pada pucuk tanaman.
 
"Penemuan ini sangat penting bagi dunia, khususnya bagi konservasi Indonesia sebab ini menjadi pencatatan baru keberadaan badak sumatera di Kalimantan Timur, khususnya di wilayah Kubar," kata Bambang Novianto, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH), Kementerian Kehutanan.
 
"Perlu segera disusun strategi bersama serta rencana aksi yang komprehensif dan partisipatif bersama para pihak terkait sehingga upaya konservasi badak sumatera di Kalimantan ini dapat berlangsung jangka panjang dan didukung pendanaan berkelanjutan," kata Nazir Foead, Direktur Konservasi WWF-Indonesia. 
 
Read 679 times Last modified on Wednesday, 29 May 2013 10:30

Category Menu

Most popular

Tes Tulis PPDB SMK Kehutanan Negeri Kadipaten

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan Negeri Kadipaten melaksanakan tes tert

Read more
Minim Efek Jera, Penyelundupan Telur Penyu Masih Terjadi

Berakhir sudah petualangan Way Bujang (inisial) di Singkawang, Kalimantan Barat.

Read more
Pemerintah Serahkan 103 Unit Rumah untuk Pengungsi Sinabung

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyerahkan 103 unit rumah b

Read more
Majapahit Travel Fair

Majapahit Travel Fair kembali hadir dengan mengusung tema hobby and leisure. Dan

Read more
Kerusakan Hutan Sumatera Percepat Kepunahan Rafflesia

Kerusakan hutan di Pulau Sumatera akan mempercepat kepunahan sejumlah flora lang

Read more