Subscribe or follow us on:

  Kondisi terumbu karang dan populasi penyu di pesisir pantai Kabupaten Malang, mengkhawatirkan karena pencurian dan penangkapan liar. Titik rawan penangkapan penyu di enam k

Ini Bukti Keberadaan Badak Sumatera di Kalimantan

Written by  admin Tuesday, 16 April 2013 10:01
JAKARTA, KOMPAS.com — Badak sumatera di Kalimantan diperkirakan telah punah sebelum tahun 1990. Namun, kini, bukti-bukti terbaru mengindikasikan masih adanya spesies tersebut di bumi Kalimantan.
Lewat survei terbaru, WWF Indonesia, Universitas Mulawarman, Dinas Kehutanan Kutai Barat, dan masyarakat berhasil menemukan jejak badak di Kutai Barat, Kalimantan Timur.
 
Bukan cuma jejak badak yang ditemukan. Sejumlah 30 spesies tumbuhan yang menjadi pakan badak pun ditemukan. Artinya, badak sumatera di Kalimantan masih memiliki opsi pakan.
 
Bukti lain yang ditemukan adalah bekas gesekan tubuh badak pada pohon, bekas gesekan cula pada dinding kubangan, serta bekas gigitan dan pelintiran pada pucuk tanaman.
 
"Penemuan ini sangat penting bagi dunia, khususnya bagi konservasi Indonesia sebab ini menjadi pencatatan baru keberadaan badak sumatera di Kalimantan Timur, khususnya di wilayah Kubar," kata Bambang Novianto, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH), Kementerian Kehutanan.
 
"Perlu segera disusun strategi bersama serta rencana aksi yang komprehensif dan partisipatif bersama para pihak terkait sehingga upaya konservasi badak sumatera di Kalimantan ini dapat berlangsung jangka panjang dan didukung pendanaan berkelanjutan," kata Nazir Foead, Direktur Konservasi WWF-Indonesia. 
 
Read 487 times Last modified on Wednesday, 29 May 2013 10:30

Category Menu

Most popular

UGM Akan Teliliti Watangan Puger

  Adalah  Arum Rindarjati, mahasiswi Fakultas Kehutanan Universitas G

Read more
Ekspose Program Pasca Sarjana

  7 Juli 2014 diadakan ekspose hasil tugas belajar program pasca sarjana (

Read more
Pendelegasian Wewenang Sertifikasi Hasil Penangkaran

  Rencana Kepala Balai mendelegasikan wewenang terkait penandaan dan pener

Read more
Workshop IPA dan IPEA

  Bertempat di Hotel Sahira Boutiqe Bogor, kegiatan yang diselenggarakan o

Read more
Indonesia Biodiversity Expo

  Akuarium tersebut sengaja didisain seperti ekosistem laut, didalamnya be

Read more